KONSEP DAN SINTAK PROBLEM BASED LEARNING
Konsep dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang dirancang agar peserta didik mendapat pengetahuan penting, yang membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah, dan memiliki model belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam tim. Pembelajaran berbasis masalah menantang peserta didik untuk “belajar bagaimana belajar”, dan bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata.
Sintak pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah sebagai berikut.
Orientasi peserta didik kepada masalah
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, proses
pembelajaran, dan memotivasi peserta didik terlibat dalam aktivitas pemecahan
masalah yang dipilih.
Mengorganisasikan peserta didik
Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
(menetapkan topik, tugas, dll)
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Guru membantu peserta didik untuk mengumpulkan
informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan
masalah, pengumpulan data, hipotesis, dan pemecahan masalah
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Guru membantu peserta didik dalam merencanakan serta
menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas
dengan temannya
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi
atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang digunakan
Sumber : Materi Pelatihan Kurikulum 2013
Terima kasih. Sangat bermanfaat.
BalasHapusmelalui "Konsep dan Sintak Problem Based Learning siswa akan belajar memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran, mungkin juga pengalaman hidup.
BalasHapusDiharapkan siswa dapat mencoba memecahkan masalah dengan saring dalam kelompoknya
BalasHapus