KONSEP DAN SINTAK PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Konsep pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang menggambarkan interaksi peserta didik seperti ilustrasi kehidupan sosial peserta didik dengan lingkungannya sebagai individu, dalam keluarga, kelompok masyarakat, dan masyarakat yang lebih luas. Dikatakan pula, dalam pembelajaran kooperatif terjadi kesepakatan antara peserta didik dengan guru dan peserta didik dengan peserta didik untuk berkolaborasi memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran dengan cara-cara yang kolaboratif seperti halnya menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan sosial peserta didik.
Sintak pembelajaran kooperatif sebagai berikut.
1. Guru membagi peserta didik untuk berpasangan atau kelompok
2. Guru membagikan materi kepada masing-masing peserta didik untuk dipelajari dan dibuat ringkasan
3. Guru dan peserta didik menetapkan siapa yang berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4. Sesuai kesepakatan, peserta didik yang menjadi pembicara membacakan ringkasan atau prosedur pemecahan masalah selengkap mungkin dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasan dan pemecahan masalahnya. Sementara, pendengar menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dnegan menghubungkan materi sebelumnya atau materi lainnya
5. Bertukar peran, semula pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Kemudia lakukan seperti langkah 4
6. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
Sumber : Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sumber : Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
0 Response to "KONSEP DAN SINTAK PEMBELAJARAN KOOPERATIF"
Terima kasih atas saran dan kunjungannya